Lindungi Pekerja, PT GNI Sosialisasi GP2SP di Morowali Utara

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) mengikuti sosialisasi Kesehatan Kerja dan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Program ini merupakan upaya perusahaan, pemerintah, masyarakat, dan pekerja dalam meningkatkan kepedulian dan mewujudkan para pekerja perempuan yang sehat khususnya di daerah Kabupaten Morowali Utara.

Diketahui program GP2SP bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pekerja terkait dengan kesehatan kerja yang meliputi Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Penyakit yang diperparah akibat kerja.

Selain itu, kegiatan ini memberikan gambaran kepada tenaga kerja terkait hak dan kewajiban pekerja mengenai kesehatan di tempat kerja serta untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) pekerja perempuan yang berkualitas. Sehingga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, kemampuan kerja, dan produktivitas kerja yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi.

Head of Corporate Communication PT GNI, Mellysa Tanoyo menjelaskan, bahwa PT GNI mendukung program yang dibuat oleh pemerintah dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja karena merupakan salah satu komitmen perusahaan.

“Sejalan dengan pemerintah, kesehatan dan keselamatan kerja (K3) menjadi salah satu prioritas kami. Kami juga mendukung program pemerintah yang berkaitan dengan kesehatan. Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa PT Gunbuster Nickel Industry memiliki perhatian besar terhadap pembangunan masyarakat yang berkelanjutan, dimulai dengan meningkatkan kesadaran tenaga kerja terkait kesehatan,” ucap Mellysa dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Dia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan para pekerja tentang program GP2SP dan meningkatkan komitmen perusahaan untuk menerapkan kesadaran akan kesehatan kerja. Sebab pekerja perempuan yang sehat dan produktif, kata dia, akan meningkatkan produktivitas perusahaan dan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa.

Mellysa juga berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara yang memfasilitasi perusahaan dalam program sosialisasi ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, karena melalui program ini, tenaga kerja kami mendapatkan informasi secara menyeluruh terkait kesehatan guna meningkatkan produktivitas kerjanya,” ungkap dia.

Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara berharap bahwa sosialisasi ini dapat menciptakan budaya safety awareness kepada para pekerja. Pelaksanaan K3 juga diharapkan menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat baik bagi para pekerja maupun pengunjung dari lokasi kerja sehingga dapat mengurangi atau terbebas dari kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja.

Sebagai informasi, hingga saat ini PT GNI aktif melakukan berbagai upaya dalam hal regulasi keamanan dan keselamatan kerja. Antara lain safety briefing setiap hari sebelum mulai bekerja, melakukan penyuluhan rutin, serta menginstruksikan tim Health, Safety, and Environment (HSE) untuk mengingatkan para pekerja agar disiplin menggunakan APD dan menerapkan prosedur keselamatan kerja.

Selain untuk meningkatkan kesadaran karyawan akan safety, pelatihan dan pembekalan juga bertujuan untuk menciptakan budaya safety awareness di lingkungan smelter. https://bolalampupetak.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*